by

22 Staf Dinkes Aceh Besar Positif Covid-19

Sebanyak 22 orang staf di Dinas Kesehatan (dinkes) Aceh Besar terkonfirmasi positif covid-19, hal ini menyebabkan Kepala Dinkes Aceh Besar, Anita SKM, menjalani isolasi mandiri.

“Awalnya 4 orang staf Dinkes Aceh Besar positif Covid-19 kemudian bertambah 18 orang lagi usai menjalani test swab di Puskesmas Ingin Jaya, pada Kamis (7/8/2020) sehingga total 22 orang,” ujar Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Aceh Besar, Drs Iskandar MSI via Serambinews.com, Jumat (7/8/2020).

Kadiskes Aceh Besar menjalani isolasi mandiri, karena selama bertugas di Dinkes berinteraksi dengan staf, sehingga harus menjalani isolasi mandiri.

“Memang, Kadiskes Aceh Besar sudah dilakukan test swab. Tapi, hasilnya belum mereka ketahui,” ujarnya.

Baca Juga : Sanusi Madli : Mari Kita Ikuti Seruan Ulama dan Umara Terkait Protokol Kesehatan

dikutip dari serambinews, sebanyak 110 orang petugas kesehatan di Puskesmas Ingin Jaya dan Dinas Kesehatan Aceh Besar, menjalani tes swab di Puskesmas Ingin Jaya, Kamis (7/8/1020).

Pelaksanaan tes swab  massal tersebut disebabkan adanya pasien positif Covid-19 yang meninggal dunia di Puskesmas Ingin Jaya dan juga pasien positif Covid-19 dari Dinkes Aceh Besar.

“Mereka sudah selesai ikuti swab test,  namun, hasil di swab belum keluar,” ujar Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Aceh Besar, Drs Iskandar MSi.

Menurut Iskandar, pasien positif Covid-19 di Aceh Besar mencapai 12 orang dan penambahan secara siginifikan.

Ini akibat masyarakat tak percaya keberadaan virus corona dan mengabaikan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah.

“Kita berharap melalui ulama, para aparatur desa, tokoh pemuda dapat memberikan edukasi kepada masyarakat untuk bersama-sama menjalankan protokol kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran virus corona di pedesaan di Aceh Besar,” ujar Iskandar.

Data Kamis (6/8/2020) hingga pukul 16.00 WIB, pasien terkonfirmasi positif terkena virus corona (covid-19) di Kabupaten Aceh Besar bertambah 28 orang.

Tingginya angka positif terkena virus corona secara signifikan di Kabupaten Aceh Besar diperkirakan akibat protokol kesehatan diabaikan.

Selain itu, pengawasan untuk memutus rantai penyebaran virus corona di pedesaan di Aceh Besar sangat lemah.

“Sebelumnya pada Rabu (5/8/2020) pasien positif Covid-19 di Aceh Besar sebanyak 93 orang, namun, kini bertambah menjadi 121 orang,” ujar Iskandar.

Pasien Positif Covid-19 di Kabupaten Aceh Besar luar bisa terus mengalami penambahan selama sehari aja 28 orang bertambah pasien positif Covid-19 sehingga menjadi 121 orang, meninggal 6 orang.

Selain itu, pasien masih dirawat 70 orang dan sembuh 45 orang.

Iskandar yang juga Sekda Aceh Besar mengatakan, mereka juga telah ingatkan para Kepala Puskesmas (Kapus) di Aceh Besar agar mengatur jadwal masuk dan absensi manual untuk petugas kesehatan guna memutus rantai penyebaran virus corona yang kini terus meningkat di Aceh Besar sejak sepekan terakhir hingga mencapai 121 orang.

PERDANANEWS