by

STAI Tgk.Chik Pante Kulu Adakan Ujian Bagi Calon Mahasiswa Tahun Ajaran 2020/2021

Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Tgk Chik Pante Kulu, Darussalam, Aceh Besar, mengadakan ujian seleksi bagi calon mahasiswa/i baru Tahun Akademik 2020/2021, pada Jum’at (04/09/2020).

Sebanyak 67 orang calon mahasiswa/i yang mendaftar baik secara online maupun secara langsung di Kampus STAI ini terbagi kedalam tiga prodi, yakni Prodi Hukum Ekonomi Syariah, Pendidikan Agama Islam, dan Hukum Keluarga Islam, demikian disampaikan oleh Ketua STAI Tgk.Chik Pante Kulu, Tgk. Jamaluddin Thaib, MA.

“Sebagian besar dari mereka memilih program diasramakan (belajar di kampus dan dayah),” Ujar Tgk Jamal, di Darussalam, Aceh Besar, Jum’at (04/09/2020).

Tgk jamal menambahkan, Calon mahasiswa tersebut ada yang mendaftar sebagai calon mahasiswa penerima beasiswa penuh dan bersaing (digratiskan biaya Kuliah, Asrama dan juga diberikan biaya Hidup perbulan), ada juga calon Mahasiswa hanya Penerima Beasiswa terbatas (gratis Asrama dan Biaya Kuliah), serta calon mahasiswa dengan biaya mandiri.

Lebih lanjut Tgk Jamal juga menyampaikan, Calon mahasiswa yang telah mendaftar dan memilih program studi hari ini akan diuji kemampuannya, baik pengetahuan umum, keagamaan, uji baca Al-Qur’an, dan juga psikotes

Tgk jamal yang juga putra Aceh Timur ini menyampaikan, bahwa calon mahasiswa yang dinyatakan lulus nantinya akan memilih salah satu dari dua program yang disediakan, yakni program non dayah dan program asrama atau dayah.

“Kalau mereka memilih non dayah, mereka hanya mengikuti program kampus saja, namun bagi yang memilih program asrama (dayah), mereka nantinya akan mengikuti serangkaian kegiatan kampus dan juga kegiatan dayah,” Ucap Putra Aceh Timur ini

Kegiatan dayah antara lain, belajar membaca dan memahami kitab turas, hafal Al Quran dan juga menghafal hadits serta mahfudhat lainnya.

“Dalam tes kali ini kami menghadirkan Ahli karakter dan kepribadian (Ners Rody) untuk menguji keseriusan, kemantapan dan tekad belajar di STAI nantinya, seraya juga kami berharap agar para mahasiswa betah dan dapat berprestasi di masa yang akan datang,” tutupnya.

PERDANANEWS