by

Disdik Dayah Silaturrahmi Dengan Pimpinan Dayah se-Kota Banda Aceh

Banda Aceh — Dalam rangka mempererat ukhuwah, Punggawa Dinas Pendidikan (Disdik) Dayah Kota Banda Aceh melaksanakan program “Saweu Pimpinan Dayah” pada Kamis (04/03/2021).

Kegiatan yang dipimpin langsung oleh kepala disdik Dayah Kota Banda Aceh Alizar Usman, S.Ag,M.Hum, ini dilakukan guna melihat langsung kebutuhan ril rencana pembangunan dayah kedepan.

Alizar Usman yang lebih dikenal dengan Abah Lam Ateuk, berkomitmen merespon keinginan para Pimpinan Dayah se-Kota Banda Aceh.

“Kedatangan kami kesini guna bersilaturrahmi dengan para pimpinan dayah sekaligus mendengar apa permasalahan dan harapan pimpinan Dayah kedepan,” ujar Abah Lam Ateuk Dihadapan Pimpinan Dayah Mabdaul Ulum Al Aziziyah, Waled Muhibban.

Abah Lam Ateuk melanjutkan, Dasar ini nantinya akan menjadi usulan program dan kegiatan di Tahun 2022.

“Kami lihat, dengar dan catat, serta berjuang mengusulkan keinginan Pimpinan Dayah di Kota Banda Aceh,” ungkap Alizar Usman yang diamini Zainura, Kabid Sapras dan Pengembangan Dayah.

Abah Lam Ateuk mengatakan, Dinas Pendidikan Dayah Kota Banda Aceh yang lahir sejak Tahun 2016 sesuai dengan Qanun Kota Banda Aceh Nomor 11 Tahun 2016 diberikan kewenangan melakukan pentadbiran Dayah/Pondok Pesantren, Lembaga ini hanya ada di Aceh.

Lebih lanjut Abah Lam Ateuk mengatakan, sesuai PP No.18 Tahun 2016, dan Permendagri No.95 Tahun 2016, Disdik Dayah merupakan salah satu lembaga Keistimewaan Aceh disamping 10 Lembaga Keistimewaan Aceh.

Dalam Perspektif Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 95 Tahun 2016 ada dua jenis perangkat Daerah yaitu, Pertama perangkat Daerah yang melaksanakan urusan Pemerintahan dan Kedua Perangkat Daerah yang melaksanakan urusan keistimewaan dan kekhususan.

Baca Juga : Ketua Kadin Aceh Makmur Budiman Tutup Usia

Adapun Perangkat daerah yang melaksanakan kekhususan dan keistimewaan di Aceh antara lain:

  1. Kerukon Katibul Wali/Sekretariat Wali Nanggroe
  2. Dinas Syariat Islam
  3. Dinas Pendidikan Dayah
  4. Dinas Pertanahan Aceh
  5. Sekretariat Majelis Permusyawaratan Ulama
  6. Sekretariat Majelis Adat Aceh
  7. Sekretariat Majelis Pendidikan Aceh
  8. Sekretariat Baitul Mal Aceh
  9. Sekretariat Badan Reintegrasi Aceh
  10. Satuan Polisi Pamong Praja dan Wilayatul Hisbah

Kegiatan silaturrahmi ini turut dihadiri Kabid Sanpras dan Pengembangan Dayah, Zainura, SE, M.Si, Kabid SDM dan Manajemen, Muhammad Syarif, SHI,M.H dan Kasi Manajemen, Saiful Bahri, S.Ag (SM)

PERDANANEWS