YPIMWI Aceh Gelar Seminar Parenting

Aceh, Berita114 Views

Banda Aceh, Perdananews Aceh — YPIMWI Aceh Gelar Seminar, Yayasan Pendidikan Iskandar Muda Wahdah Islamiyah (YPIMWI) Aceh menggelar seminar parenting untuk para wali santri dari Unit Sekolah PAUD Rumah Qur’an Wahdah Islamiyah 1, Rumah Qur’an Wahdah Islamiyah 2, Homeschooling Muhammad Al Fatih tingkat SD dan SMP.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Ahad (30/10/2022) di Auditorium Malahayati Puslatbang KHAN LAN Aceh ini menghadirkan tiga pemateri dengan materi yang berbeda beda.

Ketiga Pemateri tersebut adalah Muhammad Hatta Selian, Lc. M. Ag. dengan materi Fenomena Generasi Lemah, Baidhawi Razi, Lc. dengan materi Dari Nabi Untuk Keluarga Muslim dan Zakaria Muhammad Yahya, Lc. dengan materi Keluarga Berilmu.

Sebagai pemateri pertama, Ustad Muhammad Hatta Selian, Lc. M. Ag. memaparkan bahwa kelemahan generasi itu terdapat pada Tiga hal yaitu lemah dalam menghadapi kesulitan, lemah dalam menghadapi syahwat atau keinginan yang buruk, dan lemah dalam menghadapi amarah.

Untuk mengatasi kelemahan tersebut, pemateri memberikan solusi, yakni meningkatkan ketakwaan kepada Allah dan menjalin komunikasi yang baik.

Sementara pemateri kedua, Ustad Baidhawi Razi, Lc. menyampaikan metode komunikasi Rasulullah terhadap keluarga beliau.

Sedangkan materi terakhir, Ustad Zakaria Muhammad Yahya, Lc. menyampaikan bahwa ilmu adalah hal mendasar yang harus dimiliki oleh seluruh anggota keluarga agar selamat di dunia dan akhirat serta bisa berkumpul bersama kembali di syurgaNya.

Seminar Parenting yang bertajuk Kiat-Kiat Membina Keluarga Ala Nabi ini dihadiri oleh 212 peserta yang merupakan wali santri dari Unit Sekolah PAUD Rumah Qur’an Wahdah Islamiyah 1, Rumah Qur’an Wahdah Islamiyah 2, Homeschooling Muhammad Al Fatih tingkat SD dan SMP.

YPIMWI Aceh Gelar Seminar

Ketua YPIMWI Aceh, Ustad Abdurrahim dalam sambutannya menyampaikan bahwa kerjasama antar semua unsur pendidikan sangat penting untuk mencetak generasi yang religius dan unggul.

“Hasil yang baik berasal dari proses yang panjang. Begitu juga halnya dengan pendidikan, orang tua harus sadar bahwa usaha mencetak generasi religius dan unggul memerlukan waktu yang panjang, olehnya perlu kerjasama antara Penyelenggara Pendidikan, Pengelola Pendidikan dan Orang Tua,” katanya.

Sementara itu, Pj Wali Kota Banda Aceh, H Bakri Siddiq SE MSi melalui Staf Ahli Wali Kota Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Alizar Usman. S.Ag. M.Hum menyampaikan, kegiatan seperti ini sangat penting diikuti karena meningkatkan kesadaran orang tua dalam pembinaan anak.

“Salah satu kekhawatiran kita saat ini adalah hilangnya rasa hormat anak pada orang tua. Olehnya dengan mengetahui dan mengikuti Pola Asuh Rasulullah, mudah-mudahan dapat terlahir generasi yang kuat dan baik agamanya,” ujarnya Kegiatan ini ditutup dengan sesi tanya jawab dan pembagian hadiah kepada peserta dengan berbagai kategori.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *