Prodi Matematika Unsam Langsa Gelar Project Based Learning

Aceh, Berita99 Views

Langsa, Perdananews Aceh — Program Studi (Prodi) Matematika, Fakultas Teknik, Universitas Samudra (Unsam) Langsa menggelar kegiatan Project Based Learning (PJBL) studi kasus dalam dunia asurasi.

Kegiatan yang berlangsung pada Selasa, 8 November 2022 ini mengundang nara sumber dari praktisi PT Asuransi Jiwa IFG Life, Saddam Azhar Pasaribu, S.Si.

Peserta kegiatan Project Based Learning adalah mahasiswa Program Studi matematika yang menempuh mata kuliah analisis deret waktu, manajemen risiko dan pengantar Ilmu aktuaria, sebanyak 31 orang.

Kegiatan ini merupakan upaya yang dilakukan oleh program studi matematika dalam menyikapi kebijakan merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) yang diluncurkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dalam mendukung proses pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa atau student center.

Selain itu, kegiatan belajar mengajar yang berpusat pada mahasiswa terlihat pada tahapan yang dilakukan, artinya dosen hanya sebagai fasilitator atau pendamping dan bukan satu – satu sumber belajar.

Dalam MBKM ini, Mahasiswa diajak berpikir kreatif dan inovatif dalam memecahkan berbagai masalah yang nantinya disesuaikan dengan capaian pembelajaran.

Project Based Learning studi kasus dalam dunia asurasi
Prodi Matematika Unsam Langsa Gelar Project Based Learning studi kasus dalam dunia asurasi, dengan Nara Sumber Praktisi dari PT Asuransi Jiwa IFG Life, Bapak Saddam Azhar Pasaribu, S.Si, Selasa (8/11/2022).

Koordinator Program studi Matematika, Ulya Nabilla, S.Pd, M.Si menyatakan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah melaksanakan proses belajar yang berpusat pada mahasiswa/student center yang nantinya dapat meningkatkan pengetahuan dan pembelajaran yang diperoleh akan semakin bermakna tentang mata kuliah yang sedang dipelajari oleh mahasiswa.

“Student center merupakan salah satu pendekatan yang dapat menjadikan mahasiswa aktif, inovatif, kreatif dan sebagai problem solver.” kata Ulya

Selain itu, lanjut Ulya, program studi memiliki kesempatan meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikannya melalui kurikulum yang dikembangkan serta meningkatnya daya serap lulusan oleh dunia kerja dengan mengahadirkan tenaga praktisi dalam mengajar mata kuliah pada program studi.

“Juga kesempatan dalam meningkatkan jumlah kerja sama program studi Matematika dengan Praktisi, melalui program Kampus Merdeka agar bisa memenuhi target IKU (Indikator Kinerja Utama) Kampus Merdeka pada PT,” lanjut Ulya

Hasil dari kegiatan ini nantinya diharapkan dapat memberi motivasi yang berbeda dibandingkan dengan pembelajaran yang biasa dilakukan sendiri oleh dosen pengampu.

“Motivasi yang positif ini memberikan kesan lebih pada mahasiswa sebagai tambahan bekal yang dapat digunakan ketika terjun untuk memulai bekerja dan menghadapi dunia kerja/industri sesungguhnya di masa yang akan datang.” harap Ulya

“Dari hasil kegiatan ini juga diharapkan mahasiswa memiliki pengalaman baru terkait aplikasi konsep dari mata kuliah itu sendiri dalam dunia asuransi dan dunia kerja.” tutup Ulya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *