Daftar Beasiswa Lulusan SMK, Kuliah di Dalam dan Luar Negeri

Berita91 Views

Perdananews Aceh — Daftar Beasiswa Lulusan SMK yang hendak melanjutkan kuliah di jenjang S1, baik di luar negeri maupun dalam negeri.

Beasiswa yang berasal dari Pemerintah dan perusahaan swasta ini menyediakan biaya kuliah gratis, uang saku atau biaya hidup hingga tunjangan asuransi.

Berikut Daftar Beasiswa Lulusan SMK di dalam negeri

1.Beasiswa S1 KIP Kuliah

Program beasiswa ini sebelumnya bernama beasiswa Bidikmisi, beasiswa ini merupakan beasiswa rutin yang diselenggarakan pemerintah untuk mahasiswa program S1.

Cakupan beasiswa ini meliputi biaya kuliah, biaya hidup bahkan kebutuhan studi lainnya.

2. Beasiswa S1 Amgen Scholars

Beasiswa ini bisa digunakan untuk perkuliahan S1 dalam negeri dan luar negeri.

Siswa yang terpilih, diharuskan mengikuti pelatihan riset singkat di sejumlah negara Asia: Singapura, Jepang, China.

Cakupan beasiswa Amgen Schilars antara lain biaya perjalanan, kebutuhan hidup dan tempat tinggal yang disediakan oleh Amgen Scholars.

3. Beasiswa S1 Tanoto Foundation

Tanoto Foundation bisa dijadikan referensi siswa SMK yang ingin kuliah S1 dengan beasiswa.

Siswa yang mendaftar beasiswa Tanoto, haruslah memiliki tujuan universitas-universitas berikut:

  • Universitas Gadjah Mada (UGM)
  • Universitas Brawijaya (UB)
  • Universitas Sumatera Utara (USU)
  • Institut Teknologi Bandung (ITB)
  • Institut Pertanian Bogor (IPB)
  • Universitas Indonesia (UI)
  • Universitas Diponegoro (Undip)
  • Universitas Andalas (Unand)
  • Universitas Riau (Unri)

Cakupan beasiswa ini antara lain biaya kuliah persemester dan biaya hidup.

4. Beasiswa S1 Sea

Program beasiswa lulusan SMK selanjutnya yang bisa digunakan untuk jenjang S1 adalah Sea.

Cakupan beasiswa S1 Sea ini meliputi biaya perkuliahan selama 4 tahun (semester 1 sampai semester 8), biaya hidup bulanan, kesempatan magang di anak bisnis Sea (Garena, Shopee, Airpay) program pengembangan dan masih banyak keuntungan lainnya.

5. Beasiswa S1 Etos ID

Beasiswa ini di selenggarakan oleh Dompet Dhuafa dan menyasar para lulusan SMK, SMA sederajat yang akan melanjutkan perkuliahan dan masuk perguruan tinggi.

Cakupan beasiswa Etos ID ini mencakup biaya perkuliahan persemester hingga 4 tahun, uang saku, asrama mahasiswa selama 3 tahun.

Lalu pembinaan selama 4 tahun, bantuan biaya penelitian (skripsi).

6. Beasiswa PPA – BPP PPA

Beasiswa selanjutnya yang bisa didaftari oleh lulusan SMK adalah beasiswa PPA, atau Peningkatan Prestasi Akademik serta BPP PPA.

Bantuan Biaya Pendidikan Peningkatan Prestasi Akademik ini dikelola oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Cakupan beasiswa ini: uang saku sebesar Rp 350.000 per bulan.

7. Beasiswa S1 Wardah

Beasiswa S1 Wardah menyasar para mahasiswa D4/S1 di beberapa universitas di Indonesia.

Beasiswa ini dapat diaplikasi di tahun kedua (semester 3).

Cakupan beasiswa ini adalah bantuan dana pendidikan tiap bulan hingga semester 8, pelatihan dan pengembangan diri dan kepemimpinan.

8. Beasiswa S1 Mahaghora

Beasiswa rutin tahunan ini merupakan beasiswa yang menyasar lulusan SMA/SMK sederajat kurang mampu yang akan melanjutkan studi ke jenjang S1.

Cakupan beasiswa ini mencakup biaya pendaftaran kuliah, juga biaya kuliah dari semester 1 sampai dengan maksimal semester 8.

9. Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi

Selain mahasiswa baru yang bisa mendaftar beasiswa ini, mahasiswa yang telah aktif menjalani perkuliahan juga dapat mendaftar ke beasiswa ini.

Cakupan beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi: biaya pendidikan, biaya hidup, biaya buku.

Sesuai dengan namanya syarat mendaftar untuk beasiswa ini adalah prestasi entah itu prestasi akademik atau non akademik.

10. Sekolah Kedinasan Kemenhub

Beasiswa ini diselengarakan oleh Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia.

Beasiswa ini terbuka untuk para lulusan SMA/SMK sederajat.

Beasiswa ini mencakup biaya akademik (biaya SPP) yang akan ditanggung oleh pemerintah.

Daftar beasiswa siswa SMK ke luar negeri

1.Beasiswa S1 Monbukagakkusho

Beasiswa ini menyasar dan ditargetkan untuk lulusan SMA/SMK sederajat yang akan melanjutkan studi ke jenjang D2, D3 hingga S1 di Jepang.

Beasiswa ini merupakan beasiswa fully funded yang mencakup biaya studi, biaya hidup, biaya mobilitas, asuransi kesehatan dan masih banyak lagi.

2. Beasiswa S1 OTS Belanda

Orange Tulip Scholarship (OTS) merupakan beasiswa asal negara kincir angin Belanda.

Untuk lulusan SMA/SMK sederajat beasiswa ini memiliki program untuk pendanaan S1 hingga pascasarjana.

Cakupan beasiswa OTS bisa berupa potongan biaya kuliah berdasarkan persentase hingga potongan full, biaya visa hingga biaya asuransi tergantung Universitas dan sponsor yang mengampu beasiswa.

3. Beasiswa S1 Jardine

Beasiswa bagi siswa SMK ini, membuat siswa bisa kuliah di Universitas ternama di Inggris seperti University of Oxford dan University of Cambridge.

Cakupan beasiswa meliputi biaya kuliah, biaya hidup, asuransi kesehatan hingga kebutuhan-kebutuhan lainnya.

4. Beasiswa S1 Pemerintah Brunei

Siswa SMK bisa kuliah di universitas-universitas ternama di Brunei Darussalam.

Cakupan beasiswa ini ialah tiket pesawat pulang, pergi. Biaya kuliah selama studi, biaya bulanan, tunjangan buku, tunjangan makan, akomodasi tempat tinggal hingga biaya asuransi selama masa studi.

5. Cargill Global Scholars

Program Beasiswa ini dapat didafatari oleh mahasiswa semester 4.

Beasiswa ini disediakan selama dua tahun oleh Cargill Global.

Cakupan beasiswa ini adalah bantuan pendanaan sebesar kurang lebih Rp 34 juta per tahun dan akan diberikan selama dua tahun terakhir masa studi S1.

6. Beasiswa S1 KGSP

Beasiswa ini merupakan beasiswa fully funded ke Korea Selatan yang akan mencakup semua kebutuhan semasa studi, seperti tiket PP Indo-Korea, biaya kuliah, biaya perjalanan, uang saku bulanan, biaya pembelajaran bahasa Korea, asuransi, dan akomodasi perjalanan.

7. Beasiswa S1 Qatar University

Negara yang terkenal dengan kilang minyak ini secara rutin memberikan beasiswa tiap tahun untuk mahasiswa internasional sebanyak 400 kota tiap tahun.

Cakupan beasiswa Qatar University ini meliputi: biaya kuliah, asrama mahasiswa, biaya transportasi menuju Universitas, tiket pesawat tahunan bagi mahasiswa yang ingin pulang kampung.

8. Beasiswa S1 Boston University

Datang dari negara paman Sam Amerika Serikat, beasiswa Boston University membuka beasiswa untuk mahasiswa internasional.

Beasiswa ini juga merupakan jenis beasiswa fully funded yang akan menanggung seluruh biaya kuliah dan biaya-biaya lain selama masa studi di Amerika Serikat.

9. Beasiswa S1 Australian National University

Beasiswa dari negara Kanguru Australia ini merupakan beasiswa yang dapat didaftari oleh para lulusan SMA/SMK yang berencana melanjutkan studi S1 di Austaralia.

Cakupan beasiswa ANU meliputi: biaya kuliah (selama durasi program, semua bidang studi) dan juga asuransi kesehatan.

10. Beasiswa S1 Singapura Goh Keng Swee

Beasiswa Singapura Goh Keng Swee (GKS) merupakan program beasiswa yang diselenggarakan oleh komunitas keuangan Singapura dan dikelola oleh Association of Bank In Singapore (ABS).

Cakupan beasiswa GKS ini meliputi: tiket pesawat PP Indonesia – Singapura, biaya kuliah dan biaya wajib lainnya. Tunjangan tahunan, tunjangan asrama dan lain sebagainya.

Itulah Daftar Beasiswa Lulusan SMK dan SMA yang dapat didaftarkan sebagai bantuan biaya pendidikan, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Semoga informasi ini menjadi informasi awal bagi para siswa untuk mencari informasi berikutnya sesuai dengan beasiswa yang diinginkan.

Artikel ini dilansir dari laman kompas.com. Ahad (20/11/2022) dan telah tayang di kompas.com dengan judul 20 Beasiswa SMK Kuliah S1 di Dalam dan Luar Negeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *