Gampong Bangka Rimueng, Peureulak Gelar Maulid Nabi

Aceh, Berita110 Views

Peureulak, Aceh Perdananews — Masyarakat Gampong Bangka Rimueng, Kecamatan Peureulak, Aceh Timur, memperingati Maulid Nabi Muhammad saw dengan sejumlah kegiatan, diantaranya zikir (Dikee) bersama, santunan anak yatim dan rukon (Pleuh Hukom).

Kegiatan ini mengundang 18 udangan, yang terdiri dari 17 Gampong dalam Kecamatan Peureulak dan satu dayah dari Gampong Leuge, untuk meramaikan tradisi peringatan Maulid Nabi Muhammad saw tersebut.

Kegiatan maulid kali ini, masyarakat mengumpulkan 100 hidang, dengan porsi 7 sampai dengan 11 porsi setiap hidang.

“Alhamdulillah, masyarakat gampong menyuguhkan 100 hidang dan menyantuni sebanyak 11 anak yatim yang merupakan anak dari Gampong Bangka Rimueng sendiri,” kata Keuchik Gampong Bangka Rimueng, Jamaluddin, Kamis, (28/9/2023).

Selain itu, lanjutnya, malam ini (Kamis, 28/9) juga akan digelar rukon (Pleuh Hukom), kegiatan tersebut digelar di depan Meunasah Gampong Bangka Rimueng, yang menghadirkan tim dari Samalanga, yang berjumlah 25 orang.

Pleuh Hukom merupakan sebuah tradisi yang sudah jarang digelar pada momen maulid Nabi. Kegiatan ini menampilkan dua kelompok sekaligus.

“Kita tampil beda, rukon ini digelar masa kecil kami dulu, sekarang sudah jarang,” lanjut Jamaluddin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *